by

A sampai M Nutrisi yang Baik untuk Anak

Hampir sebagian orang tua sangat peduli dengan kebutuhan gizi anaknya, mereka akan melakukan apa pun supaya sang anak mau memakan yang mereka sajikan. Dalam penyajian makanan juga perlu diperhatikan nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut yang akan membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan sang anak.

A – M Nutrisi untuk Anak

A untuk Air Susu Ibu

Semua ibu bisa menyusui anaknya, hanya 1 : 100 ibu yang tidak bisa menyusui anaknya. Saat awal kehidupan bayi, ASI adalah makanan pokok bayi. ASI diberikan sekitar 8-12 kali dalam sehari atau bayi bisa diberikan ASI setiap 2 jam sekali. Nutrisi yang terkandung ada banyak jenisnya, juga mengandung enzim yang membantu agar pencernaan bayi dapat menyerap nutrisi dengan baik.

B untuk Zat Besi

Ketika bayi akan disapih tentu akan rentan terhadap kurangnya zat besi dalam tubuh yang bisa menyebabkan anemia pada bayi. Disarankan anak sebelum 1 tahun melakukan pemeriksaan kadar hemoglobin dalam tubuh untuk mengurangi resiko anemia. Ada perbedaan penyerapan zat besi oleh tubuh dari berbagai sumber makanan yaitu penyerapan tinggi terhadap daging, ikan, dan unggas. Penyerapan sedang terhadap makanan gandum dan kacang-kacangan.

Sedangkan untuk penyerapan rendah terhadap sayuran, dan untuk meningkatkan penyerapan bisa dikombinasikan makanan yang mengandung zat besi dengan vitamin C yaitu dengan menyelipkan potongan tomat pada bekal roti daging.

C untuk Cemilan Sehat

Berikan cemilan sehat untuk anak di sela waktunya bermain. Jangan biasakan anak makan jajan sembarangan.

D untuk Diet

Diet di sini untuk menjaga pola makan anak sehingga terpenuhinya kebutuhan nutrisi dan terpantaunya tumbuh kembang sang anak.

E untuk Enyahkan Mitos

Mitos yang sering muncul adalah ketika ibu menyusui akan kehilangan estetika payudaranya. Padahal yang lebih penting adalah ASI untuk sang buah hati karena di dalamnya terdapat bermacam-macam nutrisi yang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya.

F untuk Fakta Vitamin

Pemenuhan vitamin akan memberikan banyak keuntungan untuk tumbuh kembang anak, suplemen sangat membantu dalam pemenuhan kebutuhan vitamin. Suplemen juga sangat baik sebagai vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan melindungi anak dari berbagai penyakit. Banyak sekali jenis suplemn untuk vitamin anak ini, namun lebih baik lagi untuk memberikan makanan anak yang kaya akan vitamin.

G untuk Gigi VS Tekstur Makanan

Ada hubungan antara pola makan anak dengan kesehatan gigi, kepadatan makanan anak harus disesuaikan dengan perkembangan giginya. Jika anak terus diberikan makanan dengan tekstur yang halus maka akan mengganggu perkembangan rahangnya.

H untuk Hindari

Hindari mengenalkan makanan yang manis-manis pada anak ketika anak mulai dikenalkan makanan padat. Latihlah untuk memakan sayuran dan buah-buahan, sehingga nutrisi anak akan tetap terjaga.

I untuk Ikan

Ikan merupakan sumber omega 3 dan omega 6 yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak terutama di bagian otak. Pilihlah ikan yang aman dengan tidak banyak duri halusnya dan perhatikan pula proses pengolahannya.

J untuk Jangan Paksa

Kerap kali anak akan menolak makanan yang diberikan oleh orang tua, tetapi jangan sesekali memaksa karena hal tersebut akan membuat anak menjadi takut bahkan trauma untuk makan. Cobalah pelan-pelan dengan memvariasikan makanan atau pilihlah tempat yang nyaman untuk anak.

K untuk Kurus

Kurus bukan berarti tidak sehat, hal tersebut dikarenakan faktor genetik. Karena banyak anak dengan tubuh kecil namun aktivitasnya sangat baik bahkan jarang sekali sakit. Periksakanlah ke dokter jika Anda merasa takut akan anak kekurangan gizi.

L untuk Lemak

Lemak mutlak dibutuhkan untuk melarutkan beberapa jenis vitamin, untuk membangun sel termasuk sel saraf, untuk pertumbuhan otak, dan sebagai cadangan energi anak Anda.

M untuk Menolak Makan

Ketika makan usahakan makanan divariasikan agar anak tidak bosan dan tempat makan juga dibuat nyaman. Bersabarlah ketika anak sedang melakukan gerakan tutup mulut.

 

 

Read Another Post :