by

Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Anak yang Terbaik

Asupan yang banyak dibutuhkan oleh tubuh adalah gizi dan nutrisi, karena asupan tersebut yang akan membantu dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak. Tidak sedikt orang tua yang menanyakan pertumbuhan anak yang lambat, bisa jadi hal tersebut karen akurangnya kebutuhan nutrisi yang seimbang. Untuk membuat anak tidak gampang sakit biasanya orang tua hanya berusaha menjauhkan anak-anak dari mainan yang berbahaya tanpa memperhatikan pula asupan gizinya.

Perhatikan Menu Makanannya

Memenuhi kebutuhan gizi anak agar seimbang perlu dilakukan dengan cermat jangan sampai terjadi kelebihan atau kekurangan nutrisi. Makanan 4 sehat 5 sempurna tidaklah yang cukup, yang benar adalah semua nutrisinya seimbang. Karena itu sangat penting yang akan menjadi asupan nutrisi dan gizi yang baik bagi anak. Dalam memberikan makanan bisa divariasikan untuk pemenuhan angka keseimbangan gizi tadi dan juga agar anak tidak bosan hanya makan itu-itu saja, namun dalam memberikan variasi makanan haruslah dengan porsi yang seimbang.

Bisa memilih menu daging sapi, ayam, telur, ikan salmon, ikan tuna, sarden, kacang-kacangan, tahu, tempe, sayuran brokoli, bayam, wortel, buah-buahan seperti alpukat, pisang, jeruk, apel, kemudian bisa juga minum susu atau produk turunannya seperti yogurt, keju dan bisa memakan coklat dengan jumlah yang ditentukan.

Berikan Minuman yang Sehat

Selain makanan ada minuman yang penting untuk menjaga cairan dalam tubuh anak. Latihlah anak tentang pentingnya kebutuhan cairan dalam tubuh anak dengan sering-seringlah memberikan minum air putih pada anak. Cairan berperan penting dalam pertumbuhan anak, berikan ASI ketika anak belum berusia 6 bulan kemudian dilanjutkan dengan pemberian susu pertumbuhan untuk membantu kelengkapan nutrisi yang diperoleh.

Untuk 6 bulan pertama anak hanya diberi ASI karena hanya itulah asupan makanan yang menagndung nutrisi, protein, vitamin, dan mineral yang lengkap. Sedangkan susu pertumbuhan merupakan sumber minuman sehat kedua yang bisa Anda berikan pada si kecil. Dalam susu pertumbuhan sudah terkandung zat besi, protein, dan karbohidrat kompleks yang bisa menunjang fase pertumbuhan si kecil.

Meskipun di posisi kedua akan tetapi susu pertumbuhan memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan anak.

Piramida Gizi untuk Anak

Gunakanlah piramida gizi untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi anak Anda. Piramida gizi bisa ditemukan pada buku KIA yang diberikan bidan saat awal kehamilan yang digunakan sampai anak umur 5 tahun untuk memantau tumbuh kembangnya. Di Indonesia masih jarang orang tua yang memberikan anak makan dengan acuan piramida gizi. Ada empat bagian dalam piramida gizi.

Bagian bawah terdiri dari makanan yang merupakan sumber tenaga anak, di muali dari beras, roti, jagung, kentang, sagu, dan singkong. Bagian tengah untuk makanan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral penting dalam menunjang fungsi dan kinerja tubuh anak. Bagian ini terdapat buah-buahan dan sayuran seperti bayam, kacang panjang, kangkung, jeruk, pisang, dan mangga.

Bagian atas merupakan makanan yang mengandung sumber protein dan lemak yang sangat penting dalam pertumbuhan dan pembentukan otot anak. Ada daging sapi, ayam, telur, ikan, udang, tahu, tempe, dan kacang-kacangan yang mempunyai kandungan lemak dan protein penting bagi si kecil. Sedangkan di bagian atas sendiri adalah makanan yang mengandung garam dan gula seperti makanan ringan, permen, cokelat, yogurt, atau eskrim.

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemberian makanan terhadap anak. Jaga asupan gizi dan nutrisi anak, supaya tidak terjadi malnutrisi atau kondisi di mana anka kekurangan nutrisi maupun anak kelebihan nutrisi. Hal tersebut akan sangat berbahaya untuk jangka yang panjang karena menyebabkan terhambatnya pertumbuhan anak secara optimal.

 

Read Another Post :