by

Nutrisi Terpenting Anak Untuk Usia 1-3 Tahun

Mencukupi kebutuhan nutrisi anak sangatlah penting dalam tumbuh kembangnya. Dalam memberikan nutrisi anak haruslah tepat, yaitu: Tepat kombinasi zat gizinya antara karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan kebutuhan cairan tubuh yaitu 1 – 1,5 liter per hari. Kemudian harus tepat pula porsinya sesuai dengan kebutuhan tubuh berdasarkan Angka Kecukupan Gizi atau AKG harian anak.

Tepat dengan tahap perkembangan anak yang mana kebutuhan makanan dan gizi yang diperlukan anak disesuaikan dengan kebutuhan pada usianya.

anak usia 1 tahun minum susu

Zat Gizi yang Wajib Dipenuhi

Energi

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi, pada balita usia 1 sampai 3 tahun memerlukan asupan energi sebesar 1000 kkal. Namun dapat juga dengan mengalikan berat badan anak dengan 100 kkal per hari, contohnya berat 11 kg maka kebutuhan energinya adalah 11 x 100 kkal menjadi 1100 kkal. Energi dibutuhkan sebagai sumber utama dalam pertumbuhan dan aktifitas anak.

Energi di dapat dari nasi, mi, roti sebagai sumber tertinggi, akan tetapi daging, sayuran, buah-buahan, tempe, tahu, dan susu sebagai penghasil energi yang tidak sebanyak karbohidrat.

Protein

Protein adalah sumber asam esensial yang dibutuhkan untuk zat pembangun dan sebagai sumber energi. Kebutuhan protein pada balita biasanya lebih besar jika dibandingkan dengan orang yang dewasa. Hal tersebut dikarenakan pada anak usia 1 – 3 tahun berada pada masa pertumbuhan yang membutuhkan 25 gram protein per hari. Sumber protein sendiri ada protein nabati dan protein hewani. Untuk protein nabati ada tahu, tempe, kacang hijau, kedelai, dan lain-lain.

Sedangkan untuk protein hewani sendiri ada daging, ikan, telur, hewan laut, dan lain-lain. Di dalam protein nabati dan hewani terdapat kandungan asam amino yang berbeda. Upaya meningkatkan mutu protein yang berbeda agar saling memenuhi asam amino yang terkandung dapat diperoleh dengan mengkonsumsi sumber protein yang berbeda. Peran protein sangat penting dalam membantu pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh anak.

Lemak

Lemak sangat dibutuhkan dalam menunjang pertumbuhannya, terutama lemak esensial seperti omega 3 dan 6 yang banyak di dalam ikan laut, minyak kedelai, kacang-kacangan seperti almond, dan biji-bijian. Pentingnya lemak esensial ini dikarenakan tidak diproduksi dalam tubuh sehingga harus dipenuhi dari makanan yang mengandung lemak esensial. Fungsinya untuk melarutkan vitamin A, D, E, K, serta memberikan rasa yang enak pada makanan.

Untuk konsumsi anak dibutuhkan 15-20 % dari keseluruhan energi. Jadi anak umur 1 -3 tahun memerlukan sekitar 22 gram lemak per hari atau dari seluruh kebutuhan lemak hanya 1 – 2 % nya yang berasal dari asam lemak esensial.

Karbohidrat

Makanan sumber karbohidrat sebagai penghasil energi dan sumber serat sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Sumber karbohidrat antara lain nasi, mi, kentang, bihun, singkong, dan lain-lain. Dalam mendukung aktiviitas anak diperlukan 3 sampai 4 porsi dalam sehari. Variasikan jenis makanan untuk membuat anak semangat dalam makan, seperti mengganti nasi dengan roti yang dioles selai untuk sarapan pagi.

Air

Karena sebagian besar tubuh terdiri dari air, maka air merupakan hal yang sangat bagi anak usia 1 – 3 tahun. Untuk hilangnya air yang melalui kulit dan ginjal pada balita lebih besar dibandingkan orang dewasa, apabila anak sakit akan mudah sekali kehilangan cairan dalam tubuh yang menyebabkan dehidrasi. Kebutuhan untuk air tidalk di peroleh dari minum saja namun juga diperoleh dari makanan yang banyak mengandung air seperti buah-buahan.

Jumlah air dalam tubuh anak untuk memenuhi kebutuhannya adalah 110 ml/ kg berat badan per hari.

Read Another Post :