by

Pentingnya Memenuhi Asupan Gizi Anak Usia 6-24 Bulan

Nutrisi sangatlah penting bagi manusia karena merupakan kebutuhan bagi semua makhluk hidup. Dengan mengkonsumsi nutrisi yang buruk dalam jangka panjang akan mempengaruhi tumbuh kembangnya dan akan menimbulkan penyakit di kemudian hari. Kebutuhan nutrisi harus disesuaikan dengan kebutuhan pada masing-masing usia. ASI diberikan pada bayi usia 0-6 bulan, dan hanya diberikan ASI karena dalam ASI sudah terdapat berbagai macam nutrisi yang baik.

Usia selanjutnya anak akan diberikan Makanan Pendamping ASI dengan tekstur yang halus dan tetap diberikan ASI. MPASI haruslah memenuhi persyaratan tentang jumlah zat gizi yang diperlukan oleh bayi, seperti protein, energi, lemak, vitamin, mineral, dan zat-zat tambahan lainnya. Harus kaya energi, protein, dan mikronutrien. Kemudian harus bersih dan aman, mudah dimakan oleh anak dan disukai anak, menggunakan bahan makanan yang tersedia serta mudah untuk disiapkan.

anak balita makan

Zat Gizi yang Diperlukan Anak usia 6-24 Bulan

Energi

Untuk kebutuhan energi pada usia 6 – 24 bulan adalah 950 kkal per hari, dengan fungsinya ialah untuk membantu keseluruhan proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

Protein

Kebutuhan protein di usia 6 – 24 bulan hanya 20 gram. Fungsinya untuk membentuk sel-sel baru yang bisa menunjang proses pertumbuhan seluruh organ tubuh dan perkembangan otak anak.

Lemak

Peran lemak penting dalam proses tumbuh kembang sel-sel saraf otak untuk kecerdasan anak. Lemak yang dibutuhkan oleh tubuh adalah asam lemak esensial yaitu omega 3 dan omega 6 serta asam lemak non-esensial yaitu omega 9, EPA, DHA, dan AA.

Vitamin A

Vitamin ini berperan dalam menjaga kesehatan mata, menjaga kelembutan kulit, dan membuat pertumbuhan optimal bagi anak.

Vitamin C

Vitamin C berperan dalam pembentukan tulang rawan, meningkatkan kekebalan tubuh, serta menyerap kalsium yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi sehingga kuat.

Yodium

Yodium berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh agar tidak mudah mengalami hambatan seperti kerdil, juga berperan pada proses daya tahan tubuh, mengubah karoten yang ada pada makanan menjadi vitamin A.

Kalsium

Zat ini sangat penting dalam pembentukan tulang dan gigi, kontraksi pada otot, membantu penyerapan vitamin B 12 yang berfungsi untuk mencegah terkena anemia serta membantu pembentukan sel darah merah.

Seng

Seng tersebar diseluruh sel, jaringan, dan organ tubuh. Seng atau Zinc dibutuhkan untuk proses pertumbuhan, fungsi otak, dan untuk mempengaruhi respon tingkah laku serta emosi pada anak.

Zat Besi

Zat besi diperlukan untuk membantu pertumbuhan fisik dan mempengaruhi penggunaan energi yang dibutuhkan tubuh, membentuk sel darah untuk membantu proses penyebaran zat gizi dan oksigen ke seluruh tubuh.

Asam Folat

Zat ini sangat penting karena ketika masa pertumbuhan anak, memproduksi sel darah merah dan sel darah putih di dalam sum-sum tulang, kemudian juga berperan dalam pematangan sel darah merah, dan mencegah anemia.

Bila Asupan Gizi Tak Seimbang

Ketika anak usia 6 – 24 bulan masih kekurangan asupan zat gizi yang tidak seimbang, bisa berakibat pada pertumbuhan dan perkembangan fisik psikologi anak bisa terlambat, antara lain menghambat dan mempengaruhi pertumbuhan anak serta mengganggu perkembangan kecerdasan, pertumbuhan fisik, dan mental.

Itulah beberapa mengenai kebutuhan gizi anak 6 – 24 bulan yang harus diketahui. Untuk membantu tumbuh kembang otaknya anak usia 1 tahun ke atas bisa dikenalkan berbagai macam makanan. Variasikan sayuran, buah-buahan, ikan, telur, produk susu, dan daging. Berikan makanan ikan laut 2 – 3 kali seminggu untuk asupan omega 3 dan iodine. Tawarkan susu atau produk turunannya sebagai cemilan sebelum memberikan biskuit atau krupuk yang sedikit memiliki nilai gizi.

 

 

 

 

 

Read Another Post :