by

Seputar Makanan dan Gizi Anak Usia 1 Tahun

Ketika memasuki usia 1 tahun, biasanya anak sudah berkurang nafsu makannya dan mulai memilih-milih makanan yang dia inginkan. Anak juga biasanya kerap melakukan gerakan tutup mulut, menolak makanan setelah beberapa suapan, atau menolak duduk bersama di meja makan untuk makan bersama. Balita membutuhkan sekitar 1000 kalori per hari untuk pemenuhan kebutuhan pertumbuhannya, energi, dan gizi yang baik.

Makanan dengan kalori 1000 kkal bisa dibagi menjadi 3 prosi makanan untuk diberikan pada anak dan cemilan untuk anak. Biasanya anak akan makan banyak ketika sarapan namun memasuki makan siang malah hanya 5 suap saja atau bahkan tidak mau makan sama sekali. Hal tersebut bisa saja dikarenakan anak lebih suka memakan makanan favoritnya selama beberapa hari. Kebutuhan anak bervariasi sesuai dengan aktivitas, tingkat pertumbuhan, dan metabolismenya.

Tidak perlu memaksakan kehendak anak harus makan makanan yang seimbang, karena semakin dipaksa anak biasanya tambah menolak makan. Tawarkan beragam makanan pada anak yang bisa membuatnya tertarik untuk makan, dan pilihlah makanan yang bergizi sehingga tetap membantu tumbuh kembangnya di saat nafsu makannya berkurang. Karena pemenuhuhan gizi ini penting, terutama untuk anak usia balita.

anak 1 tahun sedang makan

Makanan yang Direkomendasikan

Nasi Merah

Nasi merah banyak mengandung energi, vitamin B, protein, serta mineral dibandingkan dengan nasi putih. Nasi ini juga mempunyai kandungan karbohidrat kompleks yang lebih lama diserap sehingga energi yang tersimpan banyak dan anak tidak akan mudah kelelahan saat bermain dan tidak mudah merasa lapar.

Ubi

Ubi mengandung banyak kandungan vitamin A dan C juga kaya akan fitokimia yang berfungsi sebagai benteng bagi tubuh terhadap berbagai penyakit yang menyerang.

Daging Ayam

Jumlah lemak yang terkandung dalam daging ayam membuatnya baik untuk tubuh, karena lemaknya lebih sedikit dibanding daging merah. Namun untuk kulit ayam mengandung banyak lemak dibandingkan dengan jenis daging yang lain.

Daging Merah

Makanan ini kaya akan zat besi yang sangat penting bagi pertumbuhan anak usia 1 tahun. Zat besi dalam daging merah tersedia dalam keadaan siap diserap tubuh. Berilah anak daging merah ketika usia 1 tahun cukup dua atau tiga kali saja dalam seminggu.

Ikan

Nutrisi yang terdapat dari ikan antara lain berupa protein rendah lemak serta mengandung selenium, kalsium, dan magnesium. Ikan sangatlah baik utnuk memerangi radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Sebagai contoh adalah ikan salmon yang mengandung banyak lemak esensial yanag mana sangat baik untuk menunjang perkembangan otak.

Wortel

Sayuran satu ini kaya akan betakaroten yang akan diolah oleh tubuh menjadi vitamin A, yang mana vitamin inilah yang akan bertanggung jawab pada kesehatan mata anak Anda.

Tomat

Tomat mengandung pigmen antioksidan yang bisa mencegah kanker serta penyakit jantung. Pigmen antioksidan tersebut dikenal dengan nama likopen.

Jeruk

Buah ini menjadi salah satu sumber vitamin C yang sangat penting dalam membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Oleh sebab itu, dianjurkan memberikan anak jeruk setiap sehabis makan.

Sayuran Berwarna Terang

Sayuran yang berwarna terang banyak mengandung beragam fitokimia yang berperan dalam mencegah penyakit jantung koroner, kanker, dan penyakit lainnya.

Susu

Meskipun untuk usia anak 1 tahun sudah bisa dikenalkan berbagai macam makanan, namun tetap harus diberikan susu pertumbuhan untuk tumbuh kembangnya yang lebih optimal. Dalam susu pertumbuhan untuk usia anak 1 tahun banyak mengandung kalsium dan vitamin D yang sanagt baik untuk pertumbuhan tulang anak. Anda bisa memilih susu yang memiliki kandungan kalsium dua kali dari pada susu biasa, yang tentunya akan sangat membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak nantinya.

 

 

Read Another Post :